May 02, 2017

Mesin Rahasia Pakar Kopi Hadir di Indonesia

Agus Wibowo

Jika ingin menjadi kopi handal, setidaknya Anda harus mengenal alat ini. Benda yang sekilas mirip mesin lokomotif ini adalah coffee roasting machine, mesin pemanggang kopi. Alat ini dilengkapi dengan pemanas, logam penggoreng dan pengaduk otomatis. Caranya sangat sederhana, masukkan kopi melalui lubang di atasnya lalu jalankan mesin, benerapa menit kemudian, biji kopi matang dan siap dibubukkan. Teknik pembubukan bisa dengan grinder, blender, bahkan ditumbuk atau diuleg dengan cowet batu.

Biji Kopi Mentah 
Dari Tasikmalaya dan Gayo
Ingin tahu harganya? Tidak terlalu mahal, cukup 25 juta rupiah saja, seharga motor Yamaha NMAX, Honda CBR Street Fire, atau motor lain sejenis. Mengapa harga demikian mahal untuk memanggang kopi? Pasti jadi ingin tanya lagi "apa manfaatnya?" Lalu "Apakah bisa memberikan manfaat bernilai lebih dari harganya?" Kalau digunakan untuk jualan kopi di warung yang harga segelas 5 ribu rupiah jelas tidak manfaat, mending kopinya disangrai dengan wajan saja. Mesin panggang kopi ini akan memberikan manfaat besar bagi barista yang tertarik menjadi ahli, berminat pada eksperimen dan percobaan, lalu menemukan ramuan kopi spesialnya, bahkan bisa menjadi pakar internasional bertarif dunia. 
Bagaimana bisa? Alat ini memiliki beberapa kelengkapan, yaitu: pengaturan suhu, waktu pemanggangan, kecepatan putaran sangria yang bisa diatur secara digital. Paduan komposisi suhu, waktu dan putaran sangrai akan menghasilkan warna kopi, tingkat kematangan, aroma dan kenikmatan yang berbeda. Perpaduan akan menjadi lebih rumit dengan menimbang faktor kopinya, apakaj kopi Aceh, kopi Toraja, Kopi Temanggung, kopi Jember, kopi Bali Kintamani, Kopi Bajawa, atau kopi Papua. Dengan suhu, waktu, dan kecepatan putaran sangrai yang sama saja rasa dan aromanya sudah sudah berbeda, apalagi jika dikombinasikan.
Diklasifikasi Hasil Roasting 
Tambah bingung karena jadi sangat banyak rasa dan aroma kopi kan? Alat ini juga ahli untuk membantu agar tidak bingung. Dengan perangkat digital, mesin ini bisa merekam proses kerjanya, karena dilengkapi dengan kabel USB yang bisa dihubungan dengan computer.  Data tentang suhu, waktu dan kecepatan sangrai bisa direkam di dalam computer, yang kemudian diolah oleh mesin untuk menghasilkan matrik kopi. Hasil terlalu gosong, terlalu pucat, terlalu wangi atau kurang harum, semuanya terekap dan terhubung dengan catatan suhu, durasi dan kecepatan putaran sangrainya. Artinya, apabila seorang ahli kopi mendapatkan kopi beraroma harum, rasa nikmat dan menyegarkan, prosesnya bisa diulang dengan cara yang sama, sesuai catatan yang disediakan oleh mesin. Dengan cara yang sama, seroang ahli kopi bisa mencari perpaduan suhu, putaran dan durasi sangrai yang tepat untuk menghasilkan kopi nikmat yang ramah lambung –dalam arti asam kopi tidak meningkatkan asam lambung yang bisa menyebabkan sakit maag.
Matrikulasi Hasil Roasting Kopi
Aktivis kopi yang melakukan eksperimen secara intens dan fokus, bisa membangun kapasitas sebagai pakar kopi yang dibutuhkan oleh industri kopi. Matrikulasi warna, aroma dan rasa kopi berdasarkan suhu, waktu dan kecepatan putaran sangrai, bisa membangun kepekaan aktivis kopi naik mencapai level pakar. Apalagi di Indonesia. Seperti sudah diketahui Indonesia bisa menjadi lahan bagi lahirnya pakar kopi dunia, karena kopi ditanam di banyak lokasi berbeda, yang tanahnya punya unsur hara berbeda, ada interaksi dengan biodiversity yang berbeda, dan kelembaban udara yang beragam pula. Hal ini bisa menghasilkan pakar kopi dengan sensitivitas pada detil yang tinggi. 
Hadirnya mesin matrikulasi kopi ini tentu merupakan peluang untuk membangun budaya kopi ke level lebih tinggi. Tapi hal ini juga memberikan tantangan, yaitu bagaimana agar teknologi kopi ini bisa diciptakan di Indonesia, sehingga budaya kopi di Indonesia juga memberikan kontribusi besar pada perkembangan teknologi.