September 29, 2017

Kerajaan Lawram: Penghancur Kejayaan Medang Wangsa Isyana

Agus Wibowo

Dalam pusaran persaiangan antara Wangsa Sanjaya dengan Wangsa Syailendra, Kerajaan Lawram tampil sebentar dalam sejarah dengan peran menentukan. Kerajaan yang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur ini berhasil menghancurkan Kerajaan Medang Wangsa Isyana yang merupakan kelanjutan dari Wangsa Sanjaya yang melakukan eksodus ke Jawa Timur.
Prasasti Pucangan
Kerajaan yang lokasinya kini menjadi Desa Ngloram di Kecamatan Cepu Kabuoaten Blora ini disebut di dalam Prasasti Pucangan yang dibuat oleh Erlangga, Raja Kahuripan. Dikisahkan bahwa Istana Kerajaan Medang yang sedang sibuk dalam.pesta perkawinan antara putri Darmawangsa dan Erlangga secara mendadak diserbu oleh pasukan Kerajaan Lawram yang dipimpin raja Aji Wura Wari. Istana Medang dihancurkan, Raja Darmawangsa tewas, tapi Erlangga dan istrinya selamat. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1006.

Serangan mematikan tersebut merupakan balasan terhadap serangan pasukan Medang ke Kerajaan Sriwijaya di Sumatera pada tahun 1005. Erlangga yang selamat berhasil membangun kembali sisa-sisa wangsa Isyana ke dalam Kerajaan Kahuripan. Setelah menaklukan kembali beberapa kerajaan bekas bawahan Kerajaan Medang, pada tahun 1032 pasukan Erlangga menyerang kerajaan Lawram secara terbuka dan memenangkan peperangan. Kerajaan Lwaram tidak bangkit lagi karena sekutu besarnya Kerajaan Sriwijaya sudah lebih dulu dikalahkan oleh Kerajaan Kola dari India.