September 29, 2017

Prasasti Canggal, sebagai Proklamasi Kemunculan Wangsa Sanjaya

Agus Wibowo

Prasasti Canggal
Prasasti Canggal menandai munculnya wangsa baru di Jawa Tengah, yaitu Wangsa Sanjaya. Wangsa ini muncul di tengah kekuasaan wangsa yang sudah berkuasa lebih dahulu, yaitu Wangsa Syailendra. Prasasti ini ditemukan di halaman Candi Gunung Wukir, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Pesan yang tertulis di lempeng tugu batu ditulis dalam Bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Berdasarkan tempat ditemukannya, prasasti ini juga dinamakan sebagai Prasasti Gunung Wukir.
Ada kemiripan struktur pesan dengan Prasasti Sojomerto yang menjelaskan penguasa yang membuat prasasti dan orang tuanya. Prasasti berangka tahun 654/732 ini menceritaka bahwa yang berkuasa adalah Sanja, yang menggantikan raja-raja sebelumnya, yaitu pamannya yang bernama Sanna. Sanjaya mendapatkan tampuk kekuasaan melalui ibunya Sannaha yang adalah adik Raja Sanna.
Berdasarkan pembacaan naskah prasasti, bisa diterjemahkan secara bebas sebagai berikut:
-        Pembangunan lingga oleh Raja Sana di atas gunung ini dimaksudkan sebagai pujaan terhadap Dewa Siwa, Dewa Brahma dan Dewa Wisnu(Bait 1-6)
-        Diceritakan bahwa Pulau Jawa sangat makmur, kaya tambang emas dan banyak menghasilkan padi. Di pulau itu didirikan Candi Siwa demi kebahagiaan penduduk dengan bantuan penduduk Kunjarakunjadesa (bait 7)
-        Pulau Jawa yang dahulu diperintah oleh raja Sanna, yang sangat bijaksana, adil dalam tindakannya, perwira dalam peperangan, bermurah hati kepada rakyatnya. Ketika wafat Negara berkabung, sedih kehilangan pelindung. Pengganti raja Sanna yaitu putranya bernama Sanjaya yang ibarat matahari. Kekuasaan tidak langsung diserahkan kepadanya oleh raja Sanna tetapi melalui kakak perempuannya (Sannaha) (bait 8-11)
-        Kesejahteraan, keamanan, dan ketentraman Negara. Rakyat dapat tidur di tengah jalan, tidak usah takut akan pencuri dan penyamun atau akan terjadinya kejahatan lainnya. Rakyat hidup serba senang (bait 12).