October 02, 2017

1293 - Kepulangan Pasukan Ekspedisi Pamalayu

Timeline Monarki Nusantara

Agus Wibowo

Sepuluh hari setelah proklamasi Kerajaan Majapahit, rombongan Pasukan Laut Kerajaan Singasari yang menjalankan Ekspedisi Pamalayu kembali ke Pulau Jawa. Mereka terkejut begitu mengetahui telah terjadi perubahan besar di Tanah Jawa, Kerajaan Singasari sudah tidak ada dan sudah berdiri Kerajaan Majapahit. Ada rombongan yang kembali ke Sumatera, tapi rombongan utama yang dipimpin Mahisa Anabrang tetap menghadap Raja Majapahit.
Mereka mengabarkan bahwa misi Ekspedisi Pamalayu berhasil mendapatkan kerjasama Kerajaan Darmasraya, dan sebagai buktinya mereka membawa dua putri raja Darmasraya untuk dijadikan istri Raja, yang dikenal sebagai Dara Putih dan Dara Jingga. Dyah Indreswari dijadikan istri oleh Sangrama Wijaya sedangkan Dara Jingga dijadikan istri oleh Panglima Ekspedisi Pamalayu, Mahisa Anabrang.
Datangnya Pasukan Ekspedisi Pamalayu ini di satu sisi membawa kabar gembira, tapi di sisi lain juga memunculkan tantangan manajemen politik bagi Sangrama Wijaya. Hal ini karena pasukan Ekspedisi Pamalayu merupakan pasukan pilihan dan berhasil membangun koalisi dengan kerajaan di Pulau Sumatera, tapi di Majapahit sangat banyak tokoh yang berjasa dalam mengalahkan Jayakatwang dan mengusir pasukan Mongol.