October 02, 2017

1357 - Perang Bubat

Timeline Monarki Nusantara

Agus Wibowo

Rombongan Kerajaan Sunda
ke Majapahit melalui Perjalanan Laut
Perang ini terjadi antara rombongan pengawal  mempelai pengantin perempuan Kerajaan Sunda dengan pasukan Majapahit. Silang pendapat antara Perdana Menteri Kerajaan Sunda dengan Gajahmada tentang protokol pernikahan antara Citraresmi Dyah Pitaloka dengan Raja Hayamwuruk berkembang menjadi silang sengketa, saling curiga, saling provokasi hingga menjadi pertempuran. Pertempuran terjadi tidak seimbang karena pasukan pengawal Kerajaan Sunda jumlahnya sedikit dan tidak benar-benar siap berperang. Dalam pertempuran di tanah lapang Bubat ini hampir seluruh rombongan Kerajaan Sunda terbunuh, termasuk Patih Anepaken dan Raja Sunda Sri Baduga Maharaja. Dyah Pitaloka dan pengiringnya bunuh diri. Gajahmada disalah dalam peristiwa ini dan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Majapahit.
Air Terjun Madakaripura
Peristiwa ini didokumentasikan oleh beberapa naskah, diantaranya Kidung Sunda yang ditemukan di Bali yang ditulis dalam daun lontar. Kidung Sunda menceritakan dengan detil konflik antara Gajah Mada dan Raja Sunda, yang berkaitan dengan beda persepsi bahwa Kerajaan Sunda versi Gajah Mada yang menjadi bawahan Majapahit dan versi Raja Sunda yang menganggap Kerajaan Sunda sebagai Kerajaan yang berdaulat. Karya sastra dalam Bahasa Jawa abad pertengahan ini mengisahkan bahwa peristiwa ini menyebabkan Hayamwuruk sakit dan akhirnya wafat, sedangkan Gajah Mada disalahkan dan diburu oleh Keluarga kerajaan kemudian hilang muksa. 
Faktanya, Hayamwuruk akhirnya menikah dengan saudara sepupunya yang menjadi permaisuri dan mempunyai seorang putri bernama Indudewi, juga menikah dengan selir dan memiliki putra Bre Wirabhumi. Gajahmada berhenti menjadi patih Majapahit selama 2 tahun, kembali lagi menjadi Patih satu tahun kemudian berhenti dan tinggal di pesanggrahan di Madakaripura, dekat air terjun di Probolinggo.  

1 comment:

  1. Bola Tangkas merupakan permainan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Permainan ini menggunakan alat mesin dan banyak peminatnya setiap waktu.

    Permainan Bola Tangkas ini merupakan permainan yang menggunakan kartu POKER. Namun Anda jangan salah mengira bahwa permainan ini sama dengan permainan Poker Online.

    Untuk permainan ini punya perbedaan sendiri, yaitu pada bagian cara penaruhan kartunya. Sedangkan di POKER ONLINE biasanya akan ditaruh di meja namun Bola Tangkas ditampilkan dilayar sebuah mesin SLOT.

    Begitu banyak BONUS yang bisa Anda dapatkan dengan cara memainkan permainan ini :
    - Royal Flush
    - 5 Of A Kind
    - Straight Flush
    - 4 Of A Kind
    - Full House
    - Straight
    - Flush
    - 3 Of A Kind
    - 2 Pair
    - Ace Pair

    Dengan minimal Deposit Rp 50.000 saja sudah dapat memainkan permainan BOLA TANGKAS di BOLAVITA.

    Bolavita juga bekerja sama dengan Bank ternama Indonesia. Guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Yuk gabung sekarang dan jadilah Pemenang Jackpot di BOLAVITA !!

    Hubungi kami di sini :
    WA / TELEGRAM : +628122222995

    #Bolavita #bolavitajackpot #bolatangkas #tangkasnet #betting #bettingonline #situsjuditerpercaya #agenjuditerpercaya #livestreaming #taruhanonline #pokerindonesia #tangkasindonesia

    ReplyDelete