April 27, 2017

Prasasti Sidateka atau Piagam Tuhanyaru 1323

Gambarkan Majapahit  4 Tahun Setelah Pemberontakan Ra Kuti


10 Lempeng Tembaga
Piagam Tuhanyaru
Pada tahun 1319, di Kerajaan Majapahit terjadi pemberontakan oleh seorang Darmaputra, Ra Kuti, yang berhasil menguasai Istana Kerajaan Majapahit Tarik. Banyak ksatria Majapahit yang tewas dalam peristiwa ini, tapi Raja Jayanegara berhasil diselamatkan oleh komandan jaga istana, yang bernama Bekel Mada. Dalam serat Pararaton, Jayanegara diselamatkan dengan dibawa lari sampai Desa Badander, yang terletak di daerah Matahun (Bojonegoro). Setelah melakukan gerakan rahasia, Bekel Mada menyatukan kekuatan pendukung kerajaan dan berhasil mengalahkan Ra Kuti dan pengikutnya, dan membawa kembali Jayanegara ke istana Majapahit. Atas jasanya menyelamatkan raja, bekel Mada diangkat menjadi Patih di Kahuripan dan kemudian diangkat menjadi Patih di Daha.

Rahasia Sukses Agenda Setting dalam Isu "Keluhan Gaji SBY"

Refleksi tentang Kebebasan Pers di Masa Reformasi

Agus Wibowo

Di awal tahun 2011, media massa di Indonesia ramai dengan berita tentang Presiden SBY mengeluhkan gajinya. Di koran, majalah, media online dan televisi kemudian ramai dengan beragam judul dan angel berita tentang presiden yang mengeluhkan gajinya ini. Ada berita "Sby Presiden Pertama yang Mengeluhkan Gaji", ada pengamat yang melakukan telaah tentang layak tidaknya Presiden SBY mengeluh, bahkan ada berita "Presiden Mengeluhkan Gaji Sangat Memalukan". 

Ritual Susuk Wangan Kearifan Lokal Masyarakat Kendal yang Tersembunyi

Agus Wibowo

Masyarakat Kabupaten Kendal punya agenda wisata menarik di tiap bulan Maret, yaitu upacara atau ritual Susuk Wangan. Ritual ini tepatnya dilaksanakan di Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Dalam rangkaian ritual, masyarakat memakai pakaian adat dan makan bersama secara adat juga di atas lembar daun pisang utuh yang dijajar memanjang. Selain mengetahui local wisdom, masyarakat atau wisatawan bisa mendapatkan moemnt-moment bagus yang menarik untuk dipotret, divideokan maupun untuk selfie. 

Lokasi Upacara di Sungai Legok, Wangan Tukung
Masyarakat Desa Gondang Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal punya upacara adat untuk menjaga kualitas daya dukung lingkungan alam bagi kehidupan masyarakat. Salah satu yang dilaksanakan pada 10 maret 2017 adalah susuk wangan. 

April 25, 2017

Atlet Sebagai Bintang Iklan

Kolom ini pernah dimuat atas nama Agus Wibowo di Rubrik Komunikasi Bisnis Media Indonesia, edisi 15 Oktober 1997

Selain para actor, aktris dan para selebritis lainnya, ada komunitas yang mulai memantapkan diri sebagi publik figure yang sama-sama potensial untuk mempromosikan suatu produk, mereka adalah para atlet. Keberadaan para atlet ini, baik karena prestasinya maupun karena kedahsyatan liputan media mssa, telah menempatkan diri di benak ratusan ribu penggemar, pengidola ataupun sekedar pemerhati.

Pria Jantan dalam Iklan Rokok

Kolom ini ditulis oleh Agus Wibowo, pernah dimuat di Rubrik Komunikasi Bisnis Media Indonesia, edisi 22 Oktober 1997

Iklan rokok, baik yang audio-visual maupun cetak, sebagian besar menampilkan sosok pria gagah, tampak pemberani dan merepresentasikan citra jantan atau maskulin. Rokok putih Marlboro dalam hampir semua bentuk dan materi promosinya menampilkan maskotnya –seorang cowboy gagah dan berani dengan kemampuan istimewanya yang tidak dimiliki oleh cowboy-cowboy lain. Event-event yang diselenggarakannya ayau yang disponsorinya pun adalah event-event yang terkategorikan menantang bahaya, yang hingga kini masih dianggap sebagai dunia pria.

April 23, 2017

Kerajaan Kahuripan Suksesor Kerajaan Medang Wangsa Isyana

Agus Wibowo

Prasasti Pucangan
Kerajaan Kahuripan didirikan oleh Erlangga, menantu sekaligus keponakan Raja Medang terakhir, Dharmawangsa Teguh. Tiga tahun setelah lolos dari Peristiwa Mahapralaya yang menewaskan Raja Dharmawangsa di Istana Wwatan, Erlangga mendirikan pusat kerajaan baru di lereng Gunung Penanggungan, dengan istana di Watan Mas. Pusat kerajaan ini dibangun dengan menyatukan kembali sisa keluarga dan pengikut Kerajaan Medang yang selamat. Di awal didirikan pada tahun 1009, Kerajaan Kahuripan mempunyai wilayah di sekitar Gunung Penanggungan, yaitu wilayah Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan dan sedikit wilayah Kabupaten Mojokerto. 

Kerajaan Medang Wangsa Isyana

Prasasti Anjukladang
Kerajaan Medang Wangsa Isyana didirikan oleh Mpu Sindok, mantan Mahamenteri Hino Kerajaan Medang Mataram dari masa Raja Dyah Haji Balitung sampai Rake Dyah Wawa. Diduga karena letusan Gunung Merapi dan peperangan dengan Wangsa Syailendra yang menewaskan Dyah Wawa, Mpu Sindok memimpin eksodus keluarga kerajaan ke arah timur Pulau Jawa. Berdasarkan Prasasti Turyyan yang ditemukan di daerah Turen Kabupaten Malang, ibu kota pertama Kerajaan Medang dibangin di daerah Tamwlang, daerah Tembelang di Kabupaten Jombang saat ini. 

Setelah ditimbang bahwa Tamwlang mudah diserang oleh pasukan laut melalui Kali Brantas, istana Kerajaan Medang dipindah ke daerah Watugaluh yang dinamakan sebagai Istana Wwatan di daerah Maospati Kabupaten Magetan. Ketika terjadi serangan besar dari pasukan Wangsa Syailendra yang mendarat di Kali Brantas, pasukan Kerajaan Medang bisa menahan serangan di Desa Anjukladang, meraih kemenangan besar dan Mpu Sindok mulai membangun kekuatan militer dan meluaskan wilayah di Jawa Timur. Di masa Mpu Sindok, Kerajaan Medang menguasai wilayah sampai Kabupaten Malang. Hal ini dibuktikan oleh Prasasti Turyyan yang dibuat oleh Mpu Sindok, Raja Medang yang bergelar Sri Maharaja Rakai Hino Sri Isanawikrama Dharmottunggadewa.

Memburu Harta Karun Jenghis Khan

Judul Buku: Treasure of Genghis Khan. Penulis: Clive Cussler dan Dirk Cussler. Penerbit: Dastan Books, Jakarta. Cetakan: Februari 2008

Dari padang savana Gobi di balik daratan China Jenghis Khan membangun kekaisaran maha raksana yang membentang dari sisi barat Samudra Pasifik sampai Laut Kaspia di Eropa. Ke arah barat pasukan Mongol menaklukkan beberapa wilayah Eropa dan ke Arah selatan pasukan Mongol yang dipimpin Hulagu Khan berhasil menguasai Jazirah Arab dengan menaklukkan Kekhalifan Abasyah yang berpusat di Bagdad. Di sisi timur ke selatan, pasukan Mongol berhasil menguasai daratan China seteleh menembus tembok raksasa dan juga menguasai semenanjung Korea. Di daratan China bangsa Mongol mendirikan Dunasti Sun yang dipimpin Kaisar Kubilai Khan.