November 10, 2017

Misteri Hari Pahlawan 10/11 yang Tepat di Hari Proklamasi Majapahit

Agus Wibowo

Tugu Pahlawan Surabaya (Wid)
Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan dan Hari Jadi Kota Surabaya, serta Hari Jadi Kerajaan Majapahit pada tahun 1293. Tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan merujuk pada perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang terjadi di Surabaya tiga bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Perang ini terjadi antara Pasukan Sekutu yang dipimpin oleh Inggris melawan puluhan ribu pemuda dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat yang berkumpul di Surabaya. 

Perang terjadi setelah pihak sekutu mengancam akan membumi hanguskan Surabaya apabila semua laskar bersenjata di Surabaya tidak menyerahkan senjata yang dirampas dari Pasukan Jepang. Ancaman yang disebar melalui pesawat udara tidak digubris, bahkan Bung Tomo membakar semangat pemuda Surabaya untuk terus melawan. 

November 09, 2017

Prasasti Sojomerto dan Eksistensi Wangsa Syailendra di Jawa

Agus Wibowo

Salah satu prasasti paling tua yang ditemukan di daerah Jawa Tengah adalah prasasti baru yang ditemukan di Kabupaten Batang, yaitu prasasti yang berangka tahun 602 saka atau 680 masehi, yang dikenal sebagai Prasasti Sojomerto. Dinamakan demikian karena prasasti ditemukan di Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Kabupaten Jawa Tengah. Bisa dikatakan ini merupakan prasasti tertua yang ditemukan di Jawa Tengah. Prasasti dalam lempeng batu ini memiliki lebar 43 cm, tinggi 78 cm dan tebal 7 cm. Naskah yang dipahat di batu ditulis dalam aksara Jawa Kuno sepanjang 11 baris, tapi dalam bahasa Melayu Kuno.

Prasasti diawali dengan sembah dan puja kepada para dewa, terutama Dewa Siwa, kemudian dilanjutkan dengan identitas yang membuat prasasti, yaitu Dapunta Syailendra. Ada tiga orang lain yang disebut oleh Dapunta Syailendra, yaitu ayahnya yang bernama Santanu, ibunya bernama Bhadrawati dan istrinya bernama Sampula.

November 07, 2017

Hari Jadi Kabupaten Tuban dan Kepahlawanan Ranggalawe

Agus Wibowo

Tuban sudah dikenal sebagai daerah pelabuhan sejak masa Kerajaan Singasari, tapi Pemerintah Kabupaten Tuban menetapkan tanggal 12 Agustus 1293 sebagai hari jadi Kabupaten Tuban. Mengapa tanggal tersebut yang dipilih?

Dalam sejarah kejatuhan Kerajaan Singasari di tahun 1292 sampai berdirinya Kerajaan Majapahit pada 10 November 1293, Ranggalawe menunjukkan pengabdian dan kesetiaannya kepada Raden Wijaya. Ketika Raden Wijaya diperintah oleh Kertanegara untuk menumpas kerusuhan di utara Singasari Ranggalawe yang mengawal. Ketika Raden Wijaya berusaha membebaskan putri-putri Kertanegara yang ditawan oleh pasukan Jayakatwang, Ranggalawe juga yang ikut mengamuk. Ranggalawe juga yang mengusulkan Raden Wijaya pergi ke Sumenep untuk meminta perlindungan pada ayahnya, Aria Wiraraja.