June 16, 2020

Rahasia Ken Arok di Prasasti Mula Malurung

Agus Wibowo

3 dari 12 lempeng
Prasasti Mula Malurung
Setelah Tunggul Ametung tewas terbunuh dengan tertuduh Tunggul Ametung, Ken Arok diagkat menjadi Adipati Tumapel. Peristiwa ini oleh Serat Pararaton dikisahkan bahwa Ken Arok yang melakukan pembunuhan. Dia lolos sebagai tertuduh karena keris yang digunakan untuk membunuh Tunggul Ametung diketahui oleh banyak orang di Tumapel sebagai milik Kebo Ijo. Atas jasanya memecahkan kasus pembunuhan Tunggul Ametung, Ken Arok pun mendapatkan kepercayaan dari Raja Kediri, Sri Kerta Jaya. Setelah menjadi Adipati, Ken Arok menikah Ken Dedes, janda Tunggul Ametung. Peristiwa ini terjadi di tahun 1203.

June 15, 2020

Tua Keris Kembar Penarik Harta Karun

Alkisah, di lereng Gunung Ungaran, ada sebuah desa yang tenteram dan damai. Masyarakatnya makmur hidup dari pertanian yang subur di lereng gunung dan mudah menjual produk pertanian ke kota yang mudah dijangkau. Udara masih segar, air sungai mengalir jernih dan sumur pun mengeluarkan air jernih-segar di kedalaman 3- 5 meter.
Keris di Museum Nasional
Suatu hari datang orang yang tidak dikenal berpakaian serba putih, memakai ikat kepala putih merapikan rambutnya yang putih. Kedatangan pria tua serba putih ini segera menarik perhatian karena penampilannya yang tidak biasa dan belum ada yang mengenalnya. Tukang tambal ban yang ada di pertigaan jalan masuk desa menyapa dan bertanya. “Selamat siang bapak? Bapak mencari siapa dan bapak ini dari mana?” tanya tukang tambal ban.